Masalah Kesehatan Wanita

Wanita Sehat

Hallo girls, bagaimana kabar anda? Semoga baik dan akan selalu baik ya! jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan anda walaupun anda sibuk di kantor. Berbicara mengenai kesehatan apakah anda tahu masalah kesehatan wanita yang sering terjadi? Jika belum, maka anda harus membaca artikel ini, karena artikel kali ini akan menjelaskan mengenai masalah kesehatan wanita yang umum terjadi.

Wanita Sehat

Apa saja masalah kesehatan wanita yang banyak terjadi?

1. Autoimun

Penyakit ini merupakan gangguan kesehatan dimana sistem imunologi yang seharusnya mencegah infeksi justru menyerang sel-sel yang sehat dalam tubuh, yang mengakibatkan penyakit lupus. Menurut American Autoimmune related disease association, kurang lebih 75% penyakit autoimune ini menyerang perempuan.

Pemicu dari penyakit autoimune dipengaruhi oleh beberapa faktor yakni pengaruh lingkungan, hormon, serta faktor genetik. Seorang dokter di Amerika yakni Diane Helentjaris, MD. Menyarankan agar setiap wanita wajib rutin melakukan pemeriksaan kesehatan. Karena mencegah lebih baik dari pada mengobati bukan?!

2.Gangguan Kesehatan Reproduksi

Yang menjadi alasan mengapa masalah kesehatan wanita sering diperbincangan adalah perbedaan anatomi, bentuk, serta organ yang terdapat dalam reproduksi. Salah satu masalah yang paling umum terjadi adalah nyeri perut saat datang bulan, darah yang lebih sedikit, hingga siklus haid yang selalu tidak teratur.

Selain itu, masalah wanita dalam sistem reproduksi yakni hubungan seksual yang tidak aman menempati faktor resiko utama terhadap penyakit menular seksual pada wanita. Dan juga, kodrat wanita mengandung serta melahirkan juga membuat perempuan lebih rentan memiliki masalah kesehatan dan dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya.

3. Stres

Stres termasuk isu kesehatan yang umum terjadi di kalangan wanita, bahkan lebih parah lagi, stres yang berubah menjadi depresi. Wanita berisiko dua kali lipat lebih besar mengalami depresi ini. Mengapa demikian? Karena kondisi biologis tubuh perempuan membuatnya lebih rentan terkena stres serta berujung depresi. Selain itu perubahan hormon dalam tubuh yang terjadi setiap bulannya, atau setelah melahirkan, ataupun bisa juga sebelum dan setelah menopause dapat menjadi salah satu alasan stres serta berujung depresi.

4. Kanker Serviks atau kanker leher rahim

Merupakan jenis kanker lainnya yang sampai sekarang masih hingga sekarang menjadi pembicaraan hangat, karena sel kanker ini berkembang dengan cepat yang dapat mengakibatkan tumor ganas di bagian serviks wanita.

Angka kesehatan wanita melaporkan ada sekitar setengah juta wanita yang meninggal disebabkan oleh kanker leher rahim. Sebagian besar kematian yang terjadi dikarenakan kanker serviks terjadi di negara berkembang, termasuk negara kita.

Maka dari itu anda dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan secara rutin ke dokter sedini mungkin untuk mendeteksi dini kemungkinan adanya sel kanker pada leher rahim atau pada payudara anda, bisa juga pada ovarium.

Gerakan Olahraga Yang Cocok Untuk Wanita Didalam Ruangan Rumah

5. Kanker Payudara

Sudah dipastikan jika kanker merupakan penyakit yang mematikan serta penyebab kematian paling utama di dunia. Salah satu jenis kanker yang dapat menyebabkan kematian pada wanita adalah kanker payudara. Sekitar 1,67 juta kasus kanker yang telah terjadi diseluruh dunia, dimana 883.000 kasus menyerang pada daerah berkembang dan 794.000 pada daerah yang cukup maju.

Tanda yang palin menonjol dari kanker payudara ini adalah adanya benjolan pada payudara, jika anda merasakan hal tersebut maka periksakan diri anda ke ginekolog, atau dokter spesialis kebidanan.
Sekian dari artikel kali ini, semoga bermanfaat.

Post Terkait